TakTeg

Wednesday, January 25, 2017

MEMPERBAIKI PEN TABLET GENIUS I608X



HALLO teman teman semua, di sini saya akan berbagi pengalaman saya yang sudah 3 tahun ini menggunakan pen tablet Genius i608x, di saat saya menggambar pen saya tiba tiba tidak berfungsi. Sebelum PEN saya tidak berfungsi ada gejala aneh yang saya rasakan saat menggambar seperti garis putus di tengah tengah goresan, kadang PEN tidak merespon, presur kadang tidak bisa terdeteksi. Awalnya saya pikir permasalahannya terletak pada papan yang kotor atau USB,
soalnya waktu saya cabut USB nya dan saya pindah ke port USB yang lain, PEN saya berfungsi normal kembali. Masalah seperti itu terjadi sekitar satu bulan terahir, memang sebelumnya PEN tablet saya ini hampir tidak pernah saya pakai selama kurang lebih sepuluh bulanan. Karena saya tinggal di luar kota untuk bekerja pada saat itu pen tablet saya tidak pernah di pakai dan saat saya pakai lagi dalam satu bulan ini tiba tiba pen saya tidak berfungsi, pedahal sebelumnya tidak ada masalah. Saya kira batrai PEN Habis daya, setelah saya ganti batrainya dengan yang baru kok masih tidak bisa, di situ saya mulai sedikit panik. saya coba Mouse bawaan dari Pen Tablet Genius i608x nya normal saat itu saya benar benar panik, Saya yakin kalau PENnya yang rusak. Saya curiga pas pertama saya buka tutup batrainya banyak minyak di body dalam PEN mungkin itu yang membuat pen saya konsleting, tapi saya tidak tau dari mana asal minyak itu padahal PEN saya tertutup rapat.

Saya mulai kebingungan browsing browsing cara memperbaiki Pen Tablet Genius i608x dan tidak ada di internet, banyak teman teman yang menggunakan Pen Tablet Genius i608x mengalami masalah yang sama juga. Ternyata masalahnya berasal dari PEN Tablet yang tidak pernah saya pakai dan batrai masih berada di dalamnya, minyak yang ada di dalam PEN berasal dari Batrai yang bocor tadi. dan kebocoran batrai yang mengakibatkan konsleting. saya pun putuskan untuk beli PENnya saja namun juga tidak saya temukan penjual PEN Pen Tablet Genius i608x. di saat itulah saya coba bongkar sendiri Pen Tablet Genius i608x saya.

DAN HASILNYA BERHASIL BERFUNGSI NORMAL KEMBALI.
buat teman teman yang punya Pen Tablet Genius i608x dan rusak PENnya, gak ada salahnya di coba siyapa tahu bisa berhasil berfungsi kembali seperti punya saya.
 Berikut ini langkah langkahnya.

ALAT.
1. Jarum
2. Tisu
3. Kain bersih
4. Katenbat
4. Sabun cuci piring
5. Batrai baru

LANGKAH LANGKAH
1. Keluarkan dulu Batrainya

2. Congkel knop kliknya jangan takut patah karena di knop tidak ada baut. congkel dari satu sisi saja.

3.Copot tutup ujung PEN. di sisni yang agak susah dan harus exra hati hati dan extra sabar agar tidak pecah dan tidak memutuskan dua kabel  tipis dan lilitan kabel yang ada di dalamnya.
teman teman bisa cabut dulu mata penanya atau lansung juga bisa. agar tidak licin teman teman bisa memakai kain bersih untuk membantu membuka.. ingat harus sabar agar tidak pecah.


4. Setelah berhasil di buka dorong ujung PEN (tempat mata PEN) ke arah Pangkal PEN (tempat mengisi batrai).

5.Bersihkan semua bagian yang ada minyaknya menggunakan tisyu sampai bersih dari minyak
jangan lupa bagian Body PENnya juga.



sebenarnya di kasus saya ini maasalahnya ada flek minyak yang mebuat arus positif (+) dan arus negatif (-) menjadi satu sehingga terjadi konsleting pada PEN saya. setelah saya bersihkan Flek minyaknya dengan tisu dan katenbat PEN saya kembali normal. hati hati dalam membersihkan jangan membuat lecet papan komponennya..



6. Supaya pembersihan lebih maksimal cuci bagian BODY CASING PEN dengan sabun cuci piring ingat BODY PEN NYA SAJA YANG DI CUCI.


7. setelah di cuci, bersihkan air yang menempel di BODY dengan kain dan di rasa sudah tidak ada air. jemur di bawah sinar matahari langsung, kali ini komponennya ikut di jemur juga.






 Setelah di rasa cukup kering, satukan semua komponen PEN dan body PEN seperti semula.. Ingat harus hati hati dan extra sabar agar tidak mebuat komponen PEN tambah rusak..

Catatan:
1. Ganti batrai dengan batrai baru (lebih baik beli batrai baru)
2. Jika pen sudah bisa di deteksi "PAPANnya" namun kinerja PEN masih belum sempurna.. mungkin anda membersihkan body PENnya kurang bersih. bersihkan body PEN dari minyak sampai benar benar bersih.
3. Jangan bersihkan komponen PEN dengan cairan atau air, cukup dengan tisu dan katenbat lalu di jemur.


Agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali sebaiknya sering sering mengecek batrai PEN agar tidak mengalami hal yang tidak kita inginkan. Jika dirasa kotor cukup kita bersihkan saja tempat batrai PEN dengan tisu. Oke sekian dulu dari saya semoga  Pen Tablet Genius i608x teman teman bisa berfungsi lagi.. semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu teman teman semua.. sampai ketemu lagi di artikel TakTeg berikutnya .. .. dan .... TETAP BERKARYA ..




63 comments:

  1. wahhhh,percobaan yang brani gann... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. faktor keterpaksaan :) hahaha.. tapi alhamdulilah berhasil :D

      Delete
    2. Gan punya saya tiba2 kayak gitu.. trus yg mau ane tnya gimana cara ngluarin kompartemen d dalam itu? Apa cuman di dorong ke rmpt batre langsung kluar gitu aja gan?

      Delete
    3. Udah berhasil gan. Trus kawatnya kayak kelilit2 ga rapih gitu. Pas liat yg positif ama negatif yang putih2nya mungkin lemnya itu kararan dikit.. pas dibersihin gada minyaknya, cuman di bawah kawat pernya ada minyak dam disekitar kawat per(body).. blum di tes. Smoga bisa.. kalo udah di tes, nanti saya kasi tau disini xD

      Delete
    4. work gan!!!!! Thanksss banget udah share ini... komen pertama saya ttg agan berani bgt itu waktu saya kira pentab saya rusak karna kebanting.. eh ternyata pas kmrin saya intip batrenya d dalam banyak minyak batre ama karatan di per nya.. karatnya saya bersihin pake cuka.. trus pas mau buka tutup pena nib nya emang susah BANGET,ayah saya bantuin dengan cara di panasin pennya di kompor trus bisa dibuka dah.. untung ga kebaker, dan kalo dah kebaker pun saya udah pasrah ekwkwk.. tp ada bekas leleh dikit meski ga kerasa pas genggam.. saya gak cuci body nya, cmn di taroh tisu didalam trus di bersihin dengan didorong pake lidi.. soalnya kepepet hehehe.. btw thanks ya gann.. ini review atas keberhasilan tips luar byazahh kece ini.. Asli :v btw saya yg dari blog sebelah yg nge review i608x hahaha

      Delete
    5. iya sama sama .. senasip dan sependeritaan ^^.. terus berkarya.. jangan bosen menggambar..

      Delete
  2. saya post di blog saya ya link blog ini, supaya ke share sama yg punya pentab genius, krna kebanyakan mereka gatau ini pennya rusak karna apa, dan alhasil mereka langsung beli baru -_-,, saya juga mau beli baru hehehe tp belum cukup modal *curhat

    ReplyDelete
  3. Saya juga mengalami hal yang sama, setelah alat saya terkubur beberapa bulan menjadi fosil, pen tidak bisa diaktifkan... padahal mouse masih jalan.. saya mencari-cari di internet dan hanya blog yanagi dan anda yg membahas cara memperbaiki, saya sudah lakukan yang sama tapi gagal...
    akhirnya dengan setengah putus asa saya tidak sengaja melihat..
    KABEL TEMBAGA YANG SANGAT TIPIS DI UJUNG PEN TAB ternyata putus...
    saya coba panasi timah di papan komponennya dengan solder dan satukan kembali kabel tipis tersebut dengan papan komponennya, dan SUKSES...
    pen tab bisa berfungsi kembali... ga jadi beli yg baru...
    Terima kasih buat Yanagi dan Heri, semoga pengalaman kita dapat membantu orang lain.

    ReplyDelete
  4. terimakasih gan, sekedar info saja tutup ujung pen yang depan gaperlu dicopot, bahaya, cukup didorong saja dari depan pake ujung pen yang putih, nanti bisa keluar kalo tutup yang belakang sama knop klik nya udah copot

    ReplyDelete
  5. terima kasih bang, saya kira rusak lah kan tadi ..
    nak beli pennya, serasa beli tab baru .. :"D

    ReplyDelete
  6. bang, dorong ujung pennya itu emang agak susah ya? kok gue takut :(

    ReplyDelete
  7. Saran bersihinnya jangan pake sabun dan air karena takutnya kl msh ada residu bisa bikin karat. Bersihinnya coba pake semprotan Contact Cleaner macam merk Phillips, pake yang tipe "dry" jangan yang tipe berminyak

    ReplyDelete
  8. Knapa udah bisa pennya... Tapi kyak mencet sendiri gitu.. Jadi kyak mouse gitu pennya ngeklik kiri sendiri.... Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  9. Kenapa ya kak, masih belom bisa dipakai pen nya. Sudah saya bersihkan, dan tidak ada kabel yg putus :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin pen genius punyaku macet2 akhirnya mati. Trus ngikut saran disini, tp cuman dibersihkan debunya gitu. Hbis itu pertama coba, masih belum bisa, tp terus dicoba2 digerak2 kan terus, baru konek, akhirnya bisa.

      Delete
    2. Kemarin pen genius punyaku macet2 akhirnya mati. Trus ngikut saran disini, tp cuman dibersihkan debunya gitu. Hbis itu pertama coba, masih belum bisa, tp terus dicoba2 digerak2 kan terus, baru konek, akhirnya bisa.

      Delete
    3. bersihkan sampai detail.. jemur lebih lama

      Delete
  10. permisi gan G-pen yang saya ujung pen nya gak bisa di buka. ga tau kenapa, kemungkinan waktu itu sempet copot dan ga bisa dipasang lagi jadinya di lem dan sekarang sepertinya gak akan bisa kebuka. nah, apa ada cara lain tanpa membuka ujung pen nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhhh... belum ngalamin yang kayak gitu.. cobak kalau lem bisa di tetesin cairan pembersih kutek kuku atau minyak kayu putih tapi agak lama

      Delete
  11. permisi… pen saya awalnya mati seperti kasus diatas, lalu saya ngikutin pake cara diatas. hasilnya sekarang udah bisa kedeteksi cuma anehnya dia jadi eror. jadi seperti ngeklik sendiri dan seleksi sendiri padahal tidak saya klik dan nempel ke board. apa ada cara membetulkannya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan malah tidak terdeteksi jika tidak menyentuh boardnya. tapi jika menyentuh board akan terdeteksi sebagai klik…

      Delete
    2. mungkin saat membersihkan kurang bersih dari minyak.. buka pen bersihkan lagi dan jemur sampai kering.. hati2 saat membuka

      Delete
    3. kasus saya persis yg dialami oleh diva, skrg gimana kabar pen kamu? apa ada solusinya? mohon dijawab ya terimakasih :)

      Delete
  12. kalo beli pennya aja emang gak ada yg jual ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy jg nyari gan,,ga ada kayaknya,,,ne sy coba ikutin saran admin ,eh malah putus2 kabelnya,,oh no

      Delete
    2. gan udah dapet toko buat beli pen nya aja gak? terimakasih gan :)

      Delete
    3. Harga pen saja hampir sebanding sama beli seperangkat baru. Beda tipis harganya ��

      Delete
  13. jadi nya tambah amburadul gan,,kabelnya tipis bget,,jadi putus putus dah,,,

    ReplyDelete
  14. ikut nimbrung donk gan, pen tablet ane kog kursor nya selalu lari kepojok kiri atas kenapa ya?

    ReplyDelete
  15. Cara buka tutup depannya kyk gimana ya gan :'v takut² mau buka kalo patah pupus harapan

    ReplyDelete
  16. Cara buka tutup depannya kyk gimana ya gan :'v takut² mau buka kalo patah pupus harapan

    ReplyDelete
  17. Terimakasih kak saya pengguna huion, ternyata bisa juga

    ReplyDelete
  18. Gan punya saya ugee nah itu dia kalo pas masuk dia bisa di gerakin sebentar terus lama lama berenti cuman masih bisa buat ngeklik tapi gak bisa geseritu kenapa ya

    ReplyDelete
  19. nah kan kayanya beneran gara2 kebocoran batrey :v klik kiri stylus saya jadi aktiv terus... thanks gan infonya mau saya coba :D

    ReplyDelete
  20. Gan saya udh bersihin tuh udh dijemur jg trs pas selesai di pasang lg semua pas masukin batre ko pen nya jd panas ya gan? Gimna ini takut meledak😂

    ReplyDelete
  21. 'Minyak' itu berasal dari baterai gan, jika dalam waktu relatif lama tidak kepake, sebaiknya baterai tidak terpasang. Begitupun untuk barang elektronik lainnya.

    ReplyDelete
  22. Makasih banyak gann🙇🙏
    Berhasil alhamdulillahhhh😍
    Td nya mikir 'harus beli baru lagi apa?'
    Padahal tabungan dah abis bwt ganti hp syedih😂😂

    ReplyDelete
  23. wah makasih banyak kak, serius tadi panik sampe mau ngamuk kok ga bisa, kucoba buka baterainya beneran minyakan dong wkwk tp aku ga berani bongkar total kyk contoh, cuma kuambil baterainya sm kubersihin pake katenbat aja bagian tempat baterainya, kupasang lagi pake baterai baru alhamdulillah bisa. terima kasihhh

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Maaf kalau g bisa bales pesan satu² tp trimaksih untuk semuanya juga.

    ReplyDelete
  26. Tanya gan, saya baru beli Genius mouse pen, tapi ada gpresan diarea workingnya, apakah itu ada masalah?? Mohon penjelasannya gan, teman teman.

    ReplyDelete
  27. Seperti keliatannya retak tempat menulisnya, ITU terbuat Dari plastik atau APA ya, mhn penjelasan Gan ?

    ReplyDelete
  28. Selama g berpengaruh pada kinerjanya g papa gan, lapisan plastik itu hanya pelindung track boarnya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  29. Kenapa tetep ga bisa ya punya saya mas :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel tipisnya jangan sampai putus, kalau terlanjur putus coba disambung kembali pakai solder

      Delete
  30. penyebabnya itu pasti baterai bawaannya bocor.

    ReplyDelete
  31. Kalo tintanya putus2 kenapa ya gan. Sudah di bersihkan bebeberapa kali

    ReplyDelete
  32. ane coba tinta putus2 terus. ane pakek windosw 10. mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jemur lebih lama atau ganti batrainya

      Delete
  33. Bang mau nanya saya kan udah instal drivernya i608x pas di coba gak bisa pen nya padahal pennya baik baik aja gak ada minyak/berkarat gimana bang solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari dan instal driver yang versi terbaru

      Delete
  34. bang, apakah stylus pen universal bisa digunakan di genius i608x?

    makasih bang infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pen i608x nya sudah rusak gan? kalau udah rusak, nibs nya dijual ga?

      Delete
  35. Bang punyaku pentab huion h420 pen nya gk berfungsi, uda isi batre sama instal driver tpi pen nya gk bisa gerak, tpi drivernya distu udah connected, cuma pen nya aja yg gk berfungsi. Tolong bang bantuin

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah terimakasih mas, sangat work ,pny saya udh 2 tahun tak terpakai setelah mengikutj petunjuk diatas berhasil

    ReplyDelete
  37. Mau nanya gan. Pentaab saya huion h420. Pennya tiba2 gerak2 sendiri ga bisa diatur. Padahal posisinya gak begitu nempel sama tabletnya. Kira2 yg rusak pennya apa tabletnya ya gan?.. makasih

    ReplyDelete
  38. kak saya mau tanya, jadi pen nya saya juga gak berfungsi dgn baik, gak bisa di gunakan di tablet geniusnya.. T-T sedih bgt.. padahal saya cek, gak berminyak dalamnya dan gak ada karatnya.. tapi waktu itu pen saya pernah terjatuh dan agak sedikit kebanting dari atas meja ke lantai, abis saya coba itu gak bisa saya pakai lagi kak pennya T-T saya bingung bgt itu benerinnya gmn ya kak? mohon solusiya kakak" yg tau cara benerinn... padhal baru dipake 3 bulann kesel bgt sekarang udh rusakk.. saya bingung bgt mau benerinnya gmn... mohon bantuannya ya kakak", kalau ada yang tau.. terimakasih

    ReplyDelete
  39. Beli pen nib nya dimana ya gan? Asli udah cari di sekian marketplace susah banget. Ni barang sbnrnya awet udah dari 2012 saya punya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah nemu yg jual belum gan? pen nib cadangan sy hilang soalnya..

      Delete
  40. Nice info.
    2013 beli type i405X, dipakai sekali utk presentasi, berfungsi dg baik.
    Lalu disimpan, tanpa buka baterai. Delapan tahun berlalu tanpa pernah buka dus tablet ....
    Barusan buka dusnya lagi dan.... pennya berminyak :'( snif snif snif
    Browsing-browsing ketemu blog ini <3
    Ada harapan kehidupan utk pentab :)

    Trims banget
    15/09/21 08:28 PM

    ReplyDelete
  41. alhamdulillah berhasil juga, terimakasih banget ilmunya, semoga makin berkah

    ReplyDelete